Kamis, 16 Maret 2017

yuk berkunjung ke Pinrang


Destinasi Wisata Alam di Pinrang Sulawesi Selatan


Kabupaten Pinrang atau yang akrab disebut Bumi Lasinrang adalah satu satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang memiliki potensi wisata alam yang cukup besar, namun belum banyak orang yang mengetahuinya. Padahal Kabupaten Pinrang punya potensi kekayaan destinasi wisata alam dan sajian kulinernya yang mengagumkan. Bagi Anda yang sedang atau berencana akan ke Sulawesi Selatan, sepertinya wajib mengunjungi tempat kuliner “Nasu Palekko” ini berasal. Di Bumi Lasinrang, Anda bisa menikmati liburan sempurna dengan memilih aspek alam yang sesuai dengan selera, mulai dari bentangan pesisir pantainya hingga hijaunya pegunungan, semuanya seakan menawarkan kesempurnaan yang tiada duanya.





1. Puncak Karomba, Kec. Lembang, Kabupaten Pinrang
Selain Puncak Lolai Kabupaten Toraja Utara, objek wisata bertajuk Negeri di Atas Awan, ternyata ada juga di Kabupaten Pinrang yang disebut oleh masyarakat sekitar dengan nama Puncak Karomba.Belum lagi, para pengunjung dapat menikmati fasilitas jembatan gantung, sehingga saat melalui jembatan tersebut seakan sedang membelah segumpalan awan yang kerap menutupi jembatan gantung Puncak Karomba yang menghubung Villa. Puncak Karomba yang terletak 80 kilometer yang ditempuh melalui jalan darat sekitar 3 jam lamanya ini berada disebelah utara kota Pinrang atau tepatnya di Dusun Karomba, Desa Sali-sali, Kecamatan Lembang. Puncak Karomba ditaksir ketinggiannya mencapai 1.200 dari permukaan laut. Hal ini yang membuat para pengunjung seakan kakinya berpijak dihamparan awan ketika berada di Puncak Karomba.

 
2. Air Terjun Latta Pitu di Desa Rajang Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang.
Pinrang memiliki potensi wisata highland atau wisata pegunungan, salah satunya Latta Pitu. Mungkin nama ini asing di telinga kita, Latta Pitu yang berarti 7 susun adalah sebuah primadona wisata baru di Kabupaten Pinrang yang terletak Berjarak kurang lebih 30 KM dari Ibukota Kabupaten Pinrang, Latta Pitu adalah sebuah areal wisata air terjun yang terbentuk dari batuan yang di bentuk secara alami oleh alam. Air yang mengalir seakan memahat batuan yang di laluinya sehingga membentuk air terjun yang menyajikan keindahan. Keindahan yang disajikan oleh alam Desa Letta.


3. Air Terjun Sarambu Kabupaten Pinrang.
Kali ini , kami ingin memperkenalkan salah satu air terjun yang terletak di bagian utara Kabupaten Pinrang, masayarakat setempat menamai nya air terjun sarambu. Lokasinya di Benteng Paremba, Kecamatan Lembang. Untuk mencapai lokasi ini, anda harus menanyakan kepada warga, sebab letaknya di anatara perkebunan. Apalagi tempat ini belum terlalu terkenal seperti Latta Pitu. 


  
4. Air Terjun Baribi Kabupaten Pinrang.
Air terjun Baribi  merupakan salah satu keindahan alam Kabupaten Pinrang yang masih sangat terjaga dan letaknya di bawah kaki gunung Tirasa.Untuk menuju kesana di butuhkan waktu kurang lebih 1 jam karena jarak yang cukup jauh dari pusat kota Pinrang , yaitu sekitar 25 KM.Air terjun ini terletak diDesa Tapporang, Kec. Batulappa, Kab. Pinrang. Sesampainya di desa tersebut dibutuhkan waktu berjalan kaki sekitar 10 menit untuk sampai ke lokasi ini. Perjalanan yang melehkan akan terbayar dengan pesona Air terjun Baribi yang anda akan lihat. Silahkan menikmati. 


5. Air Terjun Kali Jodoh
Air Terjun Kali Jodoh terletak di Desa Benteng, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Propinsi Sulawesi Selatan. Tempat ini memiliki empat sumber air.Air Terjun Kali Jodoh berada pada kawasan yang luasnya sekitar 2 Ha. Keberadaan air terjun ini sekitar 3 Km dari ruas jalan poros Bakaru yang harus ditempuh melalui jalanan menanjak.Panorama alam pegunungannya membuat tempat ini terasa sejuk dan nyaman sehingga menjadi tempat memadu kasih dan diyakini mereka yang datang berpasangan bisa berjodoh. Tak heran bila hari libur banyak dikunjungi wisatawan lokal setempat.Nama Kali Jodoh sendiri diambil dari cerita rakyat. Dimana pada zaman dahulu sepasang muda-mudi berhasil membina rumah tangga setelah datang ke tempat ini untuk bermustajab.Mereka memohon do’a kepada Sang Pencipta untuk dipertemukan jodohnya. Hingga saat ini masyarakat Pinrang masih mempercayai cerita tersebut.



6. Pantai Wae Tuoe
Liburan sambil rekreasi di pantai memang pilihan banyak warga. Kabupaten Pinrang juga memiliki Pantai dengan nama Wae Tuoe Pengunjung dapat merasakan indahnya pemandangan alam laut ditambah dengan angin yang meniup kencang membuat suasana menjadi tenang tanpa ada beban.Berbagai aktivitas yang dilakukan oleh para pengunjung adalah berenang, foto-foto untuk mengabadikan momen. Bahkan lebih serunya lagi, jika membakar ikan di gubuk yang beratapkan daun nipah. Rasa panas matahari tidak membuat para pengunjung bosan, mereka tetap asyik bermain sambil membuat bangunan-bangunan kecil dari pasir, berenang, dan lainnya
   


7. Permandian Air Panas Lemo Susu
Objek wisata Permandian Air Panas Lemo Susu telah dibangun sejak 1990-an. Jaraknya dari ibukota Kabupaten Pinrang sekitar 60 kilometer, tepatnya di Kecamatan Lembang. Tempatnya mudah dijangkau. Satu-satunya akses menuju Lemo Susu juga menjadi jalan utama menuju Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Bakaru. Berada di atas lahan seluas 20 hektare, pemilik juga telah melengkapinya dengan berbagai fasilitas. Antara lain kolam renang, bangunan-bangunan peristirahatan, pondok karaoke, dan lain-lain. Udaranya sejuk, sehingga cocok bagi wisatawan yang menginginkan suasana pedesaan dengan udara segar serta jauh dari polusi dan kebisingan. Pepohonan yang rindang, bunga-bunga cantik bertebaran di sekitar area permandian, menambah apik suasana. Bahkan di area kolam, selain menikmati sensasi mandi air panas, pengunjung juga dapat menikmati indahnya pemandangan deretan gunung yang nampak menyatu dengan biru langit dan gulungan awan putih. Di tempat ini, pengelola juga menyiapkan kolam mini untuk anak-anak dengan tiga perosotan sepanjang enam meter. Anak-anak bisa memanfaatkannya untuk meluncur ke kolam mini.  Di sudut kolam, anak-anak juga dapat menikmati sensasi bermandi di bawah air mancur mini yang semakin mempercantik kolam. Suhu air di kolam mini dirancang tidak terlalu panas dan agak dangkal. Maklum, kolam diperuntukkan bagi pengunjung anak-anak atau yang belum bisa berenang.


8. Pantai Kappe
Pantai Kappe memiliki pesona laut yang sangat indah dan bersih. Terletak di Desa Data. Kecamatan Duampanua. Panorama lautnya yang terhampar luas sejauh mata memandang dan di bagian Utara tampak di kejauhan gunung-gunung yang menjulang diantara rimbunnya pepohonan hutan. Di pantai ini bisa melakukan aktivitas berenang dan olahraga pantai lainnya. 

9. Bukit Suppiran
Selain Puncak Karomba yang mirip dengan negeri atas awan di Toraja Utara, Lokasi bukit ini juga sangat menarik. Pasalnya ketika berada dipuncak, kita seakan berada diatas awan. Warga sekitar bukit menyebutnya dengan Bukit Suppirang yang terletak di Desa Sali Sali, Kec Lembang, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Lokasi di Suppiran, Desa Sali-Sali, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang.Bukit ini terletak dipelosok kabupaten Pinrang, dari ibukota pinrang, desa Suppiran bisa ditempuh dalam waktu sekitar dua jam melewati gugusan bukit yang membentang sebelah timur.
Desa Suppiran terletak di pelosok kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Jarak tempuh dari Makassar ke kota Pinrang, ibukota kabupaten, kurang lebih 185 km ke arah utara. Sementara dari ibukota kabupaten, desa ini ditempuh dalam waktu sekitar dua jam melewati gugusan bukit yang membentang di sebelah timur.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/picalgadi/mengintip-pasar-rakyat-desa-suppiran_54f6dea1a33311c3598b458f
Desa Suppiran terletak di pelosok kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Jarak tempuh dari Makassar ke kota Pinrang, ibukota kabupaten, kurang lebih 185 km ke arah utara. Sementara dari ibukota kabupaten, desa ini ditempuh dalam waktu sekitar dua jam melewati gugusan bukit yang membentang di sebelah timur.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/picalgadi/mengintip-pasar-rakyat-desa-suppiran_54f6dea1a33311c3598b458f

Desa Suppiran terletak di pelosok kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan. Jarak tempuh dari Makassar ke kota Pinrang, ibukota kabupaten, kurang lebih 185 km ke arah utara. Sementara dari ibukota kabupaten, desa ini ditempuh dalam waktu sekitar dua jam melewati gugusan bukit yang membentang di sebelah timur.

Selengkapnya : http://www.kompasiana.com/picalgadi/mengintip-pasar-rakyat-desa-suppiran_54f6dea1a33311c3598b458f

10.Air Terjun Kaba-kaba
Wisata air terjun kaba-kaba Pinrang yang bisa ditempuh sekitar 2 jam dari kota Pinrang, akses ke lokasi bisa kita tempuh dengan menggunakan sepeda motor atau mobil off road, jadi yang suka nge trip cocok banget untuk tujuan destinasi berikutnya.Air terjun kaba-kaba merupakan salah satu surga tersembunyi yang berada dibalik gunung yang seketika membuat saya kagum atas ciptaan tuhan, suara gemercik air terjun begitu terdengar disaat memasuki kawasan air terjun ini, pesona alam yang begitu indah ditambah nuansa alam yang masih terjaga, namun dibalik pesona air terjun ini masih jarang yang tau keberadaanya mungkin karna tempatnya yang tersembunyi.

11. Pantai Maroneng
Satu lagi wisata Bahari di Kabupaten Pinrang, tepatnya Berada di Desa Maroneng, Kecamatan Duampanua, Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, Berjarak sekitar 230km dari kota Makassar.Mayoritas masyarakat desa maroneng berprofesi sebagai petani tambak sebagian adalah nelayan, Keunikan dari Pantai Maroneng adalah memiliki garis pantai terpendek hanya sekitar 1km diapit oleh dua muara sungai. Pada akhir pekan pantai maroneng ramai dikunjungi oleh warga lokal dan warga diluar kecamatan duampanua, ada yang dari sidrap kota pinrang, dan ada juga yang dari polman sulawesi barat, dengan harga tiket masuk Rp 5 ribu.fasilitas yang disediakan pantai maroneng yaitu: tersedia Kolam Renang Bermain Untuk Anak-anak, Bebek-Bebek, Kolam Pemancingan, Beberapa Gasebo untuk tempat pengunjung, Mushollah, serta Kamar Mandi Ganti bagi para pengunjung yang ingin berenang di pantai.
  
12. Bendungan Benteng
mengabadikan bendungan benteng dari udara menggunakan kamera Drone yang terletak di Kelurahan Benteng, Kecamatan Patampanua, Kabupaten pinrang, Sulsel. Bangunan ini merupakan bangunan kebanggaan Pinrang yang mendistribusikan air ke seluruh Kabupaten Pinrang bahkan ke Kabupaten tetangga, yaitu kabupaten Sidrap dan Kabupaten Sengkang. Bendungan Benteng adalah salah satu peninggalan Kolonial Belanda. Pada tahun 1939 bendungan ini dibangun, di mana pada awalnya hanya sebuah survey pada induk bendungan Benteng oleh IR. FRAMA tahun 1927.
 
13. RM Terapung
Rumah Makan Terapung yang terletak di MALIMPUNG kecamatan Patampanua ± 20 Km arah timur kota Pinrang. Tempat ini banyak dikunjungi masyarakat, terutama pada siang hari untuk bersantai sambil memancing ikan di danau.



14. Air Terjun Karawa Kec. Lembang, Kab. Pinrang, SUL SEL
Air Terjun Karawa terletak di Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang Sulawesi Selatan. Air terjun ini masih memiliki keindahan alam yang masih alami.Tinggi air terjunnya mencapai 60 meter. Disekelilingnya diselimuti oleh bebatuan dengan kolam besar tepat di tengah-tengah air terjun.




15. Permandian Air Panas Sulilie
Permandian ini terletak di Desa Solilie, Kecamatan Patampanua. Ada dua sumber air yang mendukung suplai air untuk pemandian air panas Sulili. Salah satunya yaitu sumber air panas yang terletak tidak jauh dari kolam utama tempat berendam. Keunikannya ialah, sumber air panas ini seolah-olah muncul dari perut bumi dan bukan berasal dari gunung berapi seperti sumber-sumber air panas lainnya yang lazim ditemui. Tak cuma merasakan kehangatan air kolam renang yang mengandung belerang saja. Bagi yang nyalinya besar dapat mencoba sensasi melompat dari ketinggian 12 meter lebih di kolam air panas sambil menikmati suguhan house music. Di lokasi ini ada beragam wahana hiburan kolam renang, sumur air panas, dan sejumlah arena permainan lain. Merasakan kehangatan air kolam renang yang mengandung belerang tak hanya dipercaya bisa menghibur dan menghilangkan stres sejenak. Lokasi untuk mengisi liburan ini juga dipercaya bisa membuat badan anda bugar dan menyembuhkan penyakit kulit atau gatal-gatal. Puas mandi dan melompat, pengunjung bisa mengakrabkan suasana liburan anda bersama keluarga atau orang terkasih. Yakni dengan menikmati aneka menu masakan dan minuman yang disediakan sejumlah pedagang. Sejumlah gasebo, aneka permainan dan sejumlah pohon rindang di lokasi ini dijamin bisa membuat suasana rekreasi anda bersama keluarga atau orang terkasih bisa lebih bermakna.



16. Pulau Kamarrang, Kec. Suppa, Kabupaten Pinrang
Pulau Kamarrang di Kelurahan Ujung Labuang dapat ditempuh dari Ujung Lero sekitar 30 menit menggunakan perahu motor. Gugusan yang menyembul dari laut ini mempunyai luas 7 hektar didominasi oleh vegetasi hutan pantai termasuk hutan bakau yang mengitari pulau-pulau bagian Barat dan Utara. Sementara pada bagian Timur terdapat pantai berbatu keras yang tahan hantaman ombak. Pada bagian tengah pulau terdapat pohon-pohon tua yang digelantungi oleh ratusan kelelawar. Terdapat sebuah makam tua di pulau ini dan dikeramatkan oleh para peziarah untuk menyatakan dan melepas nazar bila keinginannya dikabulkan. Terdapat sebuah villa di pulau ini yang digunakan wisatawan untuk beristirahat.



17. Pantai Lowita, Lokasi : Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang
Selain wisata alam pegunangan, potensi pariwisata yang dimiliki Kabupaten Pinrang khususnya wisata laut juga tidak kalah menarik. Seperti halnya salah satu obyek wisata tepi laut yang terletak di Desa Tasi’Walie Kecamatan Suppa, saat ini Pemerintah tengah mengembangkan lokasi ini. Konsep awal saat dibukanya Pantai Lowita sebagai salah satu destinasi akan melirik konsep yang ada di pulau dewata, Bali Denpasar. Disekitar Pantai tersebar hamparan pasir putih dan banyaknya pohon kelapa yang bertebaran tumbuh disekitar pantai yang membuat suasana gasebo menjadi nyaman saat pengunjung hendak beristirahat dengan keluarga.


18. Pantai Lowita, Lokasi : Kecamatan Suppa, Kabupaten Pinrang
Salah satu paling favorit yang dikunjungi warga adalah salah satu diantara wisata bahari yang tersebar di Kabupaten Pinrang. Salah satunya yakni Pantai Harapan Baru yang terletak di Kecamatan Cempa, Kabupaten Pinrang. Selain Wahana Banana Boat, Speed Boat, ditempat ini juga menyediakan aneka masakan seafood.  


19. Air Terjun Kali Jodoh di Desa Benteng, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang
Air Terjun Kali Jodoh terletak di Desa Benteng, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Propinsi Sulawesi Selatan. Tempat ini memiliki empat sumber air.Air Terjun Kali Jodoh berada pada kawasan yang luasnya sekitar 2 Ha. Keberadaan air terjun ini sekitar 3 Km dari ruas jalan poros Bakaru yang harus ditempuh melalui jalanan menanjak.Panorama alam pegunungannya membuat tempat ini terasa sejuk dan nyaman sehingga menjadi tempat memadu kasih dan diyakini mereka yang datang berpasangan bisa berjodoh. Tak heran bila hari libur banyak dikunjungi wisatawan lokal setempat.Nama Kali Jodoh sendiri diambil dari cerita rakyat. Dimana pada zaman dahulu sepasang muda-mudi berhasil membina rumah tangga setelah datang ke tempat ini untuk bermustajab.Mereka memohon do’a kepada Sang Pencipta untuk dipertemukan jodohnya. Hingga saat ini masyarakat Pinrang masih mempercayai cerita tersebut.


20. Gua Madingin
Menikmati indahnya alam semesta guna mengagumi kebesaran Sang Khalik menjadi kepuasan tersendiri bagi kita, makhluk yang bertakwa. Salah satunya, yaitu gua Loko' Tau' / gua madingin di Desa Batulappa, Kabupaten Pinrang, Provinsi Sulawesi Selatan, yang masih menyimpan keindahan dan keunikan tersendiri bagi pengunjungnya. 

21. Lefa -Lefa Race
Lefa-lefa Race adalah kegiatan perlombaan perahu tradisional yang dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Pinrang setiap tahunnya dan diikuti oleh puluhan peserta, dan pesertanya adalah masyarakat Pinrang dan sekitarnya. Kegiatan ini berlangsung di pantai Ujung Labuang kecamatan Suppa Kabupaten Pirang kurang lebih 25 km arah selatan kota Pinrang, Para peserta saling memacu perahu mereka masing-masing, sehingga menarik untuk ditonton. Di pantai Ujung Labuang ini memang cocok untuk lomba, baik perahu tradisional maupun untuk olah raga berenang. Sebab air laut di tempat ini sangat jernih dan ombaknya tidak terlalu besar.

 sekian

1 komentar:

  1. Best free casinos in India 2021 - MapyRO
    Play a great game at the best online 대전광역 출장샵 casino sites. See 전라북도 출장안마 what casino sites offer Free Spins bonuses 세종특별자치 출장안마 to players. Play for real 사천 출장샵 money 서귀포 출장샵 now.

    BalasHapus